Langsung ke konten utama

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Asisten Praktikum di Kampus

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_Sertifikat
Sertifikat Asisten 

Ada banyak sebutan di berbagai fakultas, Asisten Lab (Aslab)/ Asisten Dosen (Asdos) / Asisten Parktikum (Asprak) yang intinya bertugas untuk membantu dosen saat mengajar mata kuliah ber-praktikum. 

Pendaftaran asisten praktikum Desain dan Pemrograman Web di FILKOM UB dibuka setiap semester genap. Untuk mendaftar asisten banyak kriteria dan seleksi yang harus ditempuh. Diantaranya adalah mahasiswa aktif FILKOM UB, pernah menempuh mata kuliah yang dipilih dengan nilai minimal B. Tentu para asisten adalah orang-orang pilihan sesuai kriteria kampus.

Aku pertama kali mendaftar asisten saat masuk semester 6 tahun ajaran 2015/2016. Motivasi utama saya mendaftar waktu itu adalah ingin melawan kelemahan saya, karena saya tergolong orang introvert, terkadang sulit sekali bagi saya untuk berbicara di depan umum, kadang merasa gugup atau istilah kerennya nervous ketika harus berbicara di depan banyak orang. Niatku yang paling utama adalah melatih komunikasi verbalku didepan orang banyak.

Akhirnya aku membulatkan tekad untuk mendaftar, setelah lolos proses seleksi berkas, lalu tes kemampuan, hingga akhirnya tanggal pengumuman pun tiba. Nama saya nongol juga di urutan ke-4 dari 18 orang terpilih waktu itu. Tidak ada kata lain yang bisa saya katakan selain "Puji Tuhan" ketika saya akhirnya diterima menjadi Asisten Praktikum Desain dan Pemrograman Web selama satu semester ini. 

Gustian Ri'pi - Asisten Praktikum FILKOM UB
Link: https://filkom.ub.ac.id/page/read/pengumuman/new-member-assistant-web-programming-semester-2015-2016/0552bcf

Dengan saya menjadi Asisten Praktikum ini, saya dituntut untuk bisa berbicara dihadapan 45 orang junior saya sendiri, walaupun ada juga beberapa teman seangkatan yang juga ikut menjadi "praktikan" saya bahkan ada yang angkatannya diatas saya, karena dia mengulang mata kuliah tersebut. 

Waktu pertama kali masuk kelas (pertemuan pertama), aku masih mempunyai perasan canggung dan teman-temannya. Praktikan pun masih pada kalem, malu-malu dan kelihatan bingung. jadi nya kita sama-sama bingung hehe. Okeh semangat, ini adalah tempatku belajar dan berproses.

Disini saya bisa belajar bagiamana caranya membagi waktu antara belajar untuk kuliah saya sendiri, untuk belajar lagi materi yang akan saya sampaikan kepada praktikan saya (maklum lah sudah satu tahun tidak mempelajarinya secara lebih mendalam), tandatangan laporan mereka, sama tentu saja waktu untuk organisasi dan diri saya sendiri. Itu merupakan hal yang sungguh repot jika saya tidak dapat memanajemen waktu dengan baik.

Ga enaknya sedikit terasa ketika saya harus memeriksa 2 laporan per anak per minggu. jadi total laporan yang diperiksa adalah 2 laporan x45 anak = 90 laporan setiap seminggu. Ini adalah kewajiban semua asisten praktikum untuk memeriksa dan menilai semua laporan praktikan disetiap pertemuan.

Namun disini aku mulai terbiasa dan berusaha menjaga sikap baik, kakak asisten pasti akan dikenali oleh adik-adik kelasnya. Meskipun kadang lupa namanya, wajah biasanya selalu teringat. Menebar senyuman dan memberikan contoh perilaku yang baik adalah pelajaran moral yang harus aku biasakan. Sapaan dari teman-teman mahasiswa lingkungan kampus banyak aku dapatkan.

Menyenangkan aku bisa berbagi ilmu sekaligus belajar dari mereka dan punya banyak kenalan teman-teman baru dan relasi baru. Ada yang aku kenal, ada yang cuma mengenal tanpa tahu namanya, dan ada yang memang tidak hafal sama sekali.

Selain memeriksa laporan, asisten juga menilai final projek di akhir pertemuan, lalu merekap semua nilai untuk di serahkan ke Dosen pengampuh kelas tersebut. Singkat cerita bersyukur saya bisa melalui semua proses ini sampai akhir dan saya tidak telat dalam menyetor nilai ke dosen.

Semester Genap tahun ajaran 2016/2017 tak terasa saya sudah masuk semester tua (semester 8). Saat teman-teman saya sudah pada sibuk Skripsi-an, saya justru mendaftarkan diri lagi sebagai asisten praktikum untuk mata kuliah yang sama, Puji Tuhan aku diterima lagi.

Kesan Saya..

Menyenangkan, bisa berbagi ilmu walaupun belum seberapa, 
Menurutku, aku perlu banyak belajar lagi. dan yang paling seneng adalah bisa berbagi spirit 😀

Menurut pandangan pribadiku, menjadi seorang asisten praktikum adalah salah satu peluang, juga wadah untuk mengembangkan potensi diri. Memang, setelah saya sendiri menjadi Asisten Praktikum, saya perlahan menjadi lebih pede atau bahasa kerennya cool untuk menghadapi mengendalikan orang-orang yang sedang memperhatikan saya. 

Amazing, menambah pengalaman menarik serta menambah wawasan dari apa yang sudah aku pelajari. Mempunyai banyak teman dan lebih kenal dekat dengan dosen, sebagai penghargaan aku dapat sertifikat dan uang buat jajan. 😀

Sebagai penutup dari curhatan ini, saya juga ingin berbagi kesan dan pesan yang saya dapat dari beberapa praktikan saya.Beberapa yang membuat saya tersenyum membacanya. ada yang minta nilainya ditambah. ada yang bilang saya ngajarnya galak? hmm perasaan enggak deh. Banyak pula yang mendoakan agar cepat wisuda.. amin. 

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Gustian Ri'pi_Asisten Parktikum_1

Ternyata praktikan saya banyak yang pintar dan humoris, sopan dan ramah, kritis dan cerdas. Mereka jauh jauh jauh jauuuuhhh lebih menyenangkan daripada yang saya duga. terima kasih atas doa-doanya semoga kembali ke kalian, terima kasih juga untuk masukan/saran dan kerja samanya selama satu semester guys :)

Komentar

  1. Nice sharing mas :D jd rindu masa-masa jd asslab gtuu. setiap minggunya harus cek berpuluh-puluh laporan dan tentunya kuis lab. jd makin ahli dan terampil dalam memberikan penilaian :D

    BalasHapus
  2. Semoga makin sukses mas Gusti, amalan yang tak pernah terputus ialah ilmu yang bermanfaat.... so enjoy it...

    BalasHapus
  3. Thanks sharingnya Mas. Hehehe.. pengalaman yang berharga ya Mas ^.^
    ketika nanti dikenang akan senyum-senyum sendiri :)

    BalasHapus
  4. Terimakasih sharingnya mas, suka web nya dan isi webnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terima kasih IFL Malang

Foto Departemen DEKSI 2016/2017 Maret 2015, waktu itu adalah kali pertamaku bertemu dengan sebuah keluarga baru di Malang. Ya, mereka adalah Indonesia Future Leaders (IFL) Chapter Malang. Sebelumnya saya tidak mengenal mereka. Semua berawal dari niat, ketertarikan dan rasa penasaran, akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar sendiri, mengikuti screening, dan akhirnya diterima menjadi bagian dari mereka. Wakti itu aku mendaftar di posisi Staff Visual Image, karena sesuai dengan passion saya yang hobby desain.  Departemen DEKSI 2015/2016 Departemen DEKSI 2015/2016 Salah satu moment yang paling berkesan di term pertama ini adalah ketika saya bergabung di kepanitiaan Malang Leader Summit 2015 sebagai Kadiv PDD. Disini saya belajar banyak tentang bagaimana menghargai pendapat orang lain, belajar manajemen waktu, disiplin, dan disini pula saya membuktikan bahwa jika kita yakin, maka tidak ada yang tak mungkin. tidak ada usaha yang sia-sia. Banyak yang meragukan progr

Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru

Inilah Gambar Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru 2019 yang telah diperbaharui karena adanya penambahan beberapa Gedung Baru di Universitas Brawijaya, seperti poliklinik UB dan FKG. Selain itu juga terdapat perubahan nama Gedung Student Center yang kini telah berubah nama menjadi Gedung Kebudayaan Mahasiswa. Semoga peta UB berikut ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan. Klik Gambar untuk memperbesar, atau Klik kanan dan open image in new tab. Peta Universitas Brawijaya (UB) Malang PETA UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UB)  -KITA SATU BRAWIJAYA-