Langsung ke konten utama

Menjadi Anak Kost

Resiko bagi mahasiswa rantau yang gak punya keluarga di daerah tempat kuliah adalah dengan menjadi Anak Kost, Anak Kontrakan, atau Anak Asrama *kalo kampusnya punya asrama*, kalo nggak punya ya nginap di sekret UKM aja, atau minta ijin nginap di gedung pak rektor.

Ketika saya kuliah di Malang, yg sangat jauh dari kampung halaman saya, jabatan Anak kost pun saya harus terima. entah saya harus bahagia ataukah sedih dengan status ini.

Ya, tidak terasa 5 bulan sudah saya jadi anak kost. kalau ditanya suka-duka udah lumayan banyak. Yah mungkin bagi yang udah bertahun-tahun nge-kost udah paham banget lah yah. sebagai newbie anak kost mungkin saya akan terlihat sedikit sok tahu kalo berbicara suka-dukanya.. hehe. 

Siklus Metamorfosis uang anak kost
Siklus Metamorfosis uang anak kost :D

Indo Mie Rasa Sayang
kalo dompet mulai menipis, makanannya ya ini.. :D
Dari kehidupan kost ini, saya mendapat banyak pelajaran. Tidak hanya soal ilmu pengetahuan, tetapi juga soal kemandirian, tanggungjawab, dan kesederhanaan. Terutama tanggung jawab dalam mengelolah keuangan. biar bisa selamat sampai akhir bulan.

Kamu Punya pengalaman atau tips menjadi anak kost? yuk berkomentarlah dibawah.

Komentar

  1. kolestrol masih aman, darah tinggi, tensi masih aman semua? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha. ada makanan saya makan, ngak ada ya nggak saya makan :D

      Hapus
  2. Saya pernah mengalami hal serupa. Pesan saya (sebagai senior haha), cepatlah beradaptasi sama orang-orang-orang sekitar. Kalo udah kenal, kita bakalan dapet banyak hal baru yg menarik. Dan yakin, rasa bosan lama-lama akan hilang dg sendirinya. Pinter-pinter milih teman juga, soalnya jauh dari ortu. :))

    BalasHapus
  3. mau jadi anak kost ternyata ada gampang2 susah ya

    BalasHapus
  4. jadi anak kos itu ada asik dan ada nggak enaknya.
    lucu ngelihat metamorfosis uangnya. haha

    BalasHapus
  5. Menjadi anak kost itu ada suka dan dukanya. Saya sudah pernah mengalaminya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih banyak suka atau dukanya ya? hahah

      Hapus
    2. mnjadi anak kost emang susah sob.. harus pintar di bidang ekonomi :D
      salam damai

      Hapus
  6. selamat datang di dunia kosan. kudu bisa jadi manajer bagi diri sendiri. saran. jadi anak kos itu harus bisa nentuin mana kebutuhan mana keinginan bagi diri sendiri

    BalasHapus
  7. jadi anak kost itu jadi belajar buat ngemanage keuangan bro

    BalasHapus
  8. Jadi anak kost itu enak, makan sama rendang, baso, soto, iga penyet tapi dalam bentuk mie instan ~

    BalasHapus
  9. Sekarang baru 6 bulan gue menjajaki posisi ini. Benar-benar menguras otak buat mikir gimana caranya bisa makan detik ini dan detik berikutnya. Awalnya sih bisa nahan tangan agar gak terlalu sering masuk saku, tapi sekarang mah tangan kiri yang dulunya selalu nahan si tangan kanan malah ikut-ikutan. Dua-duanya udah gak bisa ditahan.
    kalau soal asmara ada suka dukanya jadi anak kost, apalagi kalau sukanya sama anak kost sebelah.
    sukanya bisa ngeliatin dia tiap hari, abis mandi, mau shalat, bangun tidur. Tapi dukanya kalau tau ternyata dia udah punya pacar, pacarnya dibawa ke kost, dan..... Sad Ending. *curhat*

    BalasHapus
  10. Ha haha... Dimana mana Anak kost sama saja ya, Masalah "isi Perut" Mie instan juaranya,,,
    Saya juga jadi anak kost dah 4 Tahun...
    Salam Kenal Gustian, Semangat Menjadi Anak kost Yang baik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. upps..

      salam kenal juga. terima kasih sudah mampir

      Hapus
  11. ngekost udah beda sama tinggal di rumah sendiri. kalo tinggal dirumah sendiri mah enak kebutuhan 4 sehat 5 sempurna sudah terpenuhi sama emak, tapi kalo ngekost ketemunya tiap hari mi instan sama telur doang. so, jaga pola makan ya bro.
    perhatian bangetkan gue wkwk

    BalasHapus
  12. Bentar lagi gue juga akan menjadi penghuni kost-kostan, semoga bisa bertahan. Hahaha.

    BalasHapus
  13. saya baru nih nyoba jadi anak kos , baru juga sebulanan.. semoga betah ya haha bagi tips nya dong buat yang udah biasa kos :p

    BalasHapus
  14. Jadi anak kos banyak positifnya jugaa yang bisa kita pelajari dan kita maknai bersama. intinya jalani azaa dan nikmatin saja seiring waktu berjalan :D jalan2 ke blogku ya

    http://ngengeba-buaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. kak, di UB gimana kuliahnya? enak nggak?

    BalasHapus
  16. wow anak UB
    aku malahan udah mau selesai aja jadi anak kos
    rasa ga rela huhuhu

    maen-maen ke blogku kalo sempat ye http://nhorachan.blogspot.com/

    BalasHapus
  17. Waaah, kakak dimalang ? Kebetulan banget aku 'baru' mau kuliah disana. Brawijaya.

    Bisa nih, kasih tips2 hidup sejahtera hemat dimalang ? =D

    BalasHapus
  18. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Kami http://jasakonsultanskripsisurabaya.blogspot.co.id/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Asisten Praktikum di Kampus

Sertifikat Asisten  Ada banyak sebutan di berbagai fakultas, Asisten Lab (Aslab)/ Asisten Dosen (Asdos) / Asisten Parktikum (Asprak) yang intinya bertugas untuk membantu dosen saat mengajar mata kuliah ber-praktikum.  Pendaftaran asisten praktikum Desain dan Pemrograman Web di FILKOM UB dibuka setiap semester genap. Untuk mendaftar asisten banyak kriteria dan seleksi yang harus ditempuh. Diantaranya adalah mahasiswa aktif FILKOM UB, pernah menempuh mata kuliah yang dipilih dengan nilai minimal B. Tentu para asisten adalah orang-orang pilihan sesuai kriteria kampus. Aku pertama kali mendaftar asisten saat masuk semester 6 tahun ajaran 2015/2016. Motivasi utama saya mendaftar waktu itu adalah ingin melawan kelemahan saya, karena saya tergolong orang introvert, terkadang sulit sekali bagi saya untuk berbicara di depan umum, kadang merasa gugup atau istilah kerennya nervous ketika harus berbicara di depan banyak orang. Niatku yang paling utama adalah melatih komunikasi ver

Anak SMA vs Anak Kuliah

Dulu ketika status saya masih “Anak SMA” , saya pengen banget cepat-cepat lulus, nggak sabar pengen kuliah. Mungkin teman-teman juga banyak yang begitu kan ? hayo ngaku deh . Sekarang setelah menjadi anak kuliahan, eh bukannya senang tapi malah pengen balik lagi ke masa putih abu-abu itu. Belum cukup setahun saya menanggalkan status Anak SMA itu , kenangan manis bersama teman-teman REIGA masih segar dalam ingatan, ah pengen kembali mengulangi kisah itu. “Masa SMA memang masa yang paling alay ngangenin” Back to topic, “ Apa sih bedanya sekolah sama kuliah? Toh sama aja kerjaannya belajar belajar juga” . Memang benar, sekolah dan kuliah memiliki kesamaan yaitu : BELAJAR. Tapi menjadi seorang mahasiswa itu TIDAK MUDAH guys. Banyak tantangan yang harus dihadapi sebagai proses menjadi MANDIRI dan DEWASA . Jujur sih waktu saya SMA udah t erbiasa semua disediakan oleh orang tua. Nah i ni lah yang harus diubah mulai dari sekarang sebagai proses biar nanti nggak repot saat

Bangga Menjadi Apatis?

“Sebentar lagi pemilu. Udah tau mau milih siapa?” “Ah bodo amat dah. Aku gak suka politik” ***** “Tahun ini banyak yang nyaleg ya. Orang nya juga gak sembarangan.” “Ohya? Aku baru tahu malah. hahaha” (tertawa bangga)  ***** “Tahun ini pertama kali kita milih presiden nih. Kira-kira siapa ya yang bakalan menang?” “Gak tau ah, ikut keluarga aja milih siapa.” ***** “Anies Baswedan maju, coy. Ada istilah ‘turun tangan’ lagi. Gabung yuk?” “Ah kamu kayak anak Sos-Pol aja ngurusin yang begituan.” “Ya jangan apatis juga, bro” “Muak kalo ngeliat apalagi mikirin politik, yin. Kerjaan mereka korup.” “Ya jangan sampe terulang lagi lah” “Bodo ah. Gak penting juga mikirin yang begituan” ***** Saya heran, mengapa banyak orang yang apatis dan dengan bangganya mengaku apatis sedangkan di saat yang sama mereka sibuk memaki pemerintah yang ‘gak ada benernya’ di mata mereka. Mbok ya kalau tahu itu salah yo dibenerin toh. (ala Jowo). Yuk ubah pola pikir kalian teman-tema