Langsung ke konten utama

Darurat Narkoba dikota Pelajar

Waktu itu saya dan dua teman menghadiri acara seminar nasional bertema "Indonesia Darurat Narkoba" yang digelar di FISIP Universitas Brawijaya. Pemateri seminar tersebut yakni drg. Sudjiarti M.Kes (Kabid Pencegahan Narkoba BNN Jawa Timur), Bpk. Sutiaji (Wakil Walikota Malang), dan Dr. Sholih Mu'adi M.H (Dosen Ilmu Politik UB). 

Indonesia kini disebut dalam kondisi darurat narkoba. Di tahun 2015 diperkirakan pengguna Narkoba Indonesia mencapai angka 5,8 juta hingga 6 juta atau 2,8 % dari penduduk Indonesia. Data lain juga menyebutkan 40 sampai 50 orang Indonesia setiap harinya meninggal karena narkoba.

Jenis dan bentuk narkoba pun makin sulit dikenali. Bahkan sekarang ada jenis Kertas yang ternyata itu adalah Narkoba. Bentuknya sangat unik, lucu, dan itu sangat rentan menjadi bujukan buat anak-anak usia SD. (Baca : Mengenal LSD, Kertas Happy Yang Ternyata Adalah Narkoba).

Jika datanya seperti itu, keraguan apa lagi yang membuat kita tak berani lantang meneriakkan perang setotal-totalnya terhadap narkoba?? Kegamangan mana lagi yang membuat kita canggung bersikap bahwa hukuman mati ialah hukuman yang amat layak untuk gembong dan bandar narkoba??

Malang Darurat Narkoba...

Peredaran narkoba di Kota Malang ternyata juga sangat mengkhawatirkan. Kota Malang merupakan Kota Pendidikan dengan 63 kampus negeri dan swasta. Sehingga arus keluar masuk warga sangat bebas. Selain itu, dari sisi geografis, Kota Malang dianggap strategis dan berdekatan dengan Kota Wisata Batu. Ini menjadi alasan tersendiri bagaimana peredaran narkoba bisa masuk dengan mulus ke kota ini. 

Menurut Sudjiarti, pelajar dari jenjang SMP hingga perguruan tinggi (PT) merupakan sasaran empuk pengedar narkoba. Sebab, pelajar belum matang secara emosional, sehingga lebih mudah dipengaruhi. ”Bagaimana mencegahnya, orang tua memiliki peran utama di sini.

Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji juga tidak membantah jika perkembangan narkoba di Kota Malang mengkhawatirkan. Menurutnya, kasus peredaran narkoba di kota Malang paling banyak ditemukan di Kecamatan Lowokwaru". Cukup mengkhatirkan mengingat kampus-kampus ternama di Kota Malang hampir semuanya berada di Kecamatan Lowokwaru, seperti UB, UM, UMM, UIN, Unisma, ITN, ABM, Widyagama. Gajayana. 


Lalu, bagaimana peran Kita sebagai Mahasiswa?


Lomba Desain Kampanye #Tolak Narkoba Karya : Gustian Ri'pi

Pemberantasan narkoba bukan tugas pemerintah atau BNN tapi tugas kita bersama. Kita sebagai mahasiswa seharusnya berperan sebagai social kontrol disini. Tapi sekarang justru banyak mahasiswa yang apatis. Hanya berfokus mengejar ilmu di ruang kuliah untuk kepentingan dirinya. 

Untuk itu, sebagai generasi melek IT. Yuk mari kita buat sebuah Kampanye Tolak Narkoba. Dimulai dari diri kita sendiri yang berusaha untuk menjauhi Narkoba, lalu kita sosialisasikan ke Keluarga, teman, hingga masyarakat. Jaga generasi kita dan penerus dengan mengenali dan aware mengenai isu narkoba!.

Komentar

  1. hmmm, indonesia emang seharusnya udah siaga 1.
    karena sekarang indonesia udah bagaikan surga narkoba..

    BalasHapus
  2. halohaaaa long time no my comment here :D kalo udah bahas narkoba, emang beginilah keadaannya. Generasi muda byk yg rusak karena narkoba :''')

    BalasHapus
  3. itulah kertas yang bisa merusak anak didik kita, harus diberantas itu, makasih mas informasinya,
    jangan lupa mampir ke blog saya mas. untuk tukar pendapat. ditunggu ya

    BalasHapus
  4. Duh.. Makin serem aja nih modus narkoba zaman sekarang :(

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Asisten Praktikum di Kampus

Sertifikat Asisten  Ada banyak sebutan di berbagai fakultas, Asisten Lab (Aslab)/ Asisten Dosen (Asdos) / Asisten Parktikum (Asprak) yang intinya bertugas untuk membantu dosen saat mengajar mata kuliah ber-praktikum.  Pendaftaran asisten praktikum Desain dan Pemrograman Web di FILKOM UB dibuka setiap semester genap. Untuk mendaftar asisten banyak kriteria dan seleksi yang harus ditempuh. Diantaranya adalah mahasiswa aktif FILKOM UB, pernah menempuh mata kuliah yang dipilih dengan nilai minimal B. Tentu para asisten adalah orang-orang pilihan sesuai kriteria kampus. Aku pertama kali mendaftar asisten saat masuk semester 6 tahun ajaran 2015/2016. Motivasi utama saya mendaftar waktu itu adalah ingin melawan kelemahan saya, karena saya tergolong orang introvert, terkadang sulit sekali bagi saya untuk berbicara di depan umum, kadang merasa gugup atau istilah kerennya nervous ketika harus berbicara di depan banyak orang. Niatku yang paling utama adalah melatih komunikasi ver

Terima kasih IFL Malang

Foto Departemen DEKSI 2016/2017 Maret 2015, waktu itu adalah kali pertamaku bertemu dengan sebuah keluarga baru di Malang. Ya, mereka adalah Indonesia Future Leaders (IFL) Chapter Malang. Sebelumnya saya tidak mengenal mereka. Semua berawal dari niat, ketertarikan dan rasa penasaran, akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar sendiri, mengikuti screening, dan akhirnya diterima menjadi bagian dari mereka. Wakti itu aku mendaftar di posisi Staff Visual Image, karena sesuai dengan passion saya yang hobby desain.  Departemen DEKSI 2015/2016 Departemen DEKSI 2015/2016 Salah satu moment yang paling berkesan di term pertama ini adalah ketika saya bergabung di kepanitiaan Malang Leader Summit 2015 sebagai Kadiv PDD. Disini saya belajar banyak tentang bagaimana menghargai pendapat orang lain, belajar manajemen waktu, disiplin, dan disini pula saya membuktikan bahwa jika kita yakin, maka tidak ada yang tak mungkin. tidak ada usaha yang sia-sia. Banyak yang meragukan progr

Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru

Inilah Gambar Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru 2019 yang telah diperbaharui karena adanya penambahan beberapa Gedung Baru di Universitas Brawijaya, seperti poliklinik UB dan FKG. Selain itu juga terdapat perubahan nama Gedung Student Center yang kini telah berubah nama menjadi Gedung Kebudayaan Mahasiswa. Semoga peta UB berikut ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan. Klik Gambar untuk memperbesar, atau Klik kanan dan open image in new tab. Peta Universitas Brawijaya (UB) Malang PETA UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UB)  -KITA SATU BRAWIJAYA-