Langsung ke konten utama

Beberapa Komunitas anak muda keren di Malang

Saya bersyukur bisa kuliah di salah satu perguruan tinggi di Malang, karena saya bisa mengenal dan bergabung di salah satu komunitas anak muda yang peduli bagi bangsa dengan cara atau bidangnya masing-masing. Selama kuliah sayang memang tidak suka bergabung di organisasi intra seperti BEM/LSO, cuma sempat bergabung di salah satu Unit Kegiata Mahasiswa (UKM) dan beberapa kepanitiaan. Selebihnya saya gunakan untuk aktif di salah satu komunitas anak muda.



Nah, bagi kamu mahasiswa yang berada dimalang, dari malang atau dari luar malang. Kalian bisa gabung dengan beberapa komunitas bermanfaat yang ada di malang (tentunya bukan omek) agar masa kuliahmu tidak monoton dan lebih berarti serta menambah teman dan pengalam baru.

1. Indonesian Future Leaders Chapter Malang

Indonesian Future Leaders (IFL) merupakan organisasi pemuda non-profit yang memfokuskan kegiatannya pada pemberdayaan pemuda dan kerelawanan sosial. Mereka percaya bahwa perubahan terjadi ketika para pemuda memikirkan lingkungan di sekitarnya. IFL Chapter Malang berdiri sejak September 2014, dan bergerak dibidang sosial, pendidikan, dan kepemudaan. IFL memiliki visi Menjadikan generasi muda Indonesia generasi yang kompeten pada bidang yang ditekuninya, dapat membawa perubahan positif dan menjadi inspirasi bagi lingkungannya. Misi mereka adalah Initiate, Act, Share, and Inspire.

Twitter: @IFL_Malang
Instagram : @ifutureleaders_malang
Official Line: @frc4843o
Narahubung Email : ifl.chapmalang@gmail.com

2. Young On Top Malang

Young On Top (YOT), adalah komunitas yang berfokus pada pengembangan anak muda di Indonesia yang memiliki potensi dalam keterampilan, pengetahuan, dan etika agar dapat meraih kesuksesan di usia muda. Motto mereka adalah, jika kesuksesan dapat diraih di masa muda mengapa harus menunggu sampai tua.Komunitas ini didirikan oleh penulis buku Young On Top, Billy Boen dengan tujuan untuk menginspirasi anak-anak muda untuk meraih sukses di usia muda.

Twitter: @YOTMalang
Instagram : @YOTMalang
Official Line: @qtb0737t
Website: www.youngontop.com
Narahubung Email : yotmalang@gmail.com   

3.Turun Tangan Malang

Turun Tangan Malang berdiri sejak desember 2013, adalah gerakan sosial yang berlokasi di Kota Malang dan merupakan bagian dari TurunTangan di seluruh Indonesia. Gerakan ini didasari dengan pemahaman bahwa masalah di Indonesia tidak bisa diselesaikan hanya oleh satu orang saja. Sampai saat ini, TurunTangan Malang bergerak di beberapa bidang, diantaranya pendidikan, kebudayaan, lingkungan, dan beberapa bidang lainnya yang disesuaikan dengan permasalahan yang ada di Kota Malang.

Twitter: @turuntanganmlg 
Instagram : @turuntanganmlg
Official Line: @shj2964q
Website: http://turuntanganmalang.org/
Narahubung Email : humas@turuntanganmalang.org

4. Akademi Berbagi Malang.

Akademi Berbagi (Akber) adalah sebuah komunitas social dibidang akademi, berdiri sejak oktober 2011. Mereka ingin membuat sebuah terobosan perubahan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Akademi berbagi adalah gerakan sosial nirlaba yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang bisa diaplikasikan langsung sehingga para peserta bisa meningkatkan kompetensi di bidang yang telah dipilihnya. Akber merupakan wadah belajar yang diperuntukkan untuk umum atau siapa saja boleh gabung, kegiatannya berupa diadakannya kelas kelas singkat dengan durasi antara 2 jam dengan mengundang pemateri pemateri ternama sesuai dengan tema yang di tentukan oleh Volunteer.

Twitter : @akberMlg
Instagram : @AkberMlg
email : akbermalang@gmail.com
Website : akbermalang.wordpress.com

5. Komunitas 1000 GURU 

Dibentuk pada 22 Agustus 2012 oleh Jemi ngadiono. Pada awalnya 1000 guru adalah akun inspirasi dengan memberitakan realita pendidikan dipedalaman pelosok negeri melalui media social, namun kini berkembang dengan melakukan aksi sosial nyata dengan turun langsung membantu pendidikan anak anak pedalaman negeri. Tagline: Traveling and Teaching

email : seribugurumalang@gmail.com
instagram : 1000_Guru_Malang
twitter : @1000_guru_mlg
facebook : 1000_guru_malang

6. IYOIN Malang

Indonesian Youth Opportunities in International Networking (IYOIN) merupakan sebuah NGO yang dibentuk oleh beberapa pemuda-pemudi Indonesia yang bertujuan untuk menjadi tempat berkumpulnya pemuda-pemudi Indonesia. Menjadi media untuk berbagi dan bersinergi demi cita-cita pemuda-pemudi Indonesia dan Negara Indonesia melalui program-program yang berbasis pada pendidikan, kepemudaan, sosial, dan jaringan internasional. Tagline: Share and Synergize.

Twitter: @iyoinmlg
Instagram : @iyoinmlg
Website: https://iyoin.org/

7. Earth Hour Malang

Earth Hour merupakan kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Earth Hour memiliki misi menyatukan masyarakat dari seluruh dunia untuk merayakan komitmen gaya hidup hemat energi dengan cara mematikan lampu dan alat elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam.

Twitter: @ehmalang
Instagram : @earthhourmalang
Website: earthhourmalang.blogspot.com
email: earthhourmalang@gmail.com

8. Save Street Child (SSC) Malang 

Merupakan komunitas sosial peduli anak jalanan dan marjinal yang bergerak di bidang pendidikan kritis, advokasi hak anak dan penggorganisasian sebagai langkah konkrit para pemuda untuk meningkatkan taraf hidup anak jalanan dan anak marjinal.

Instagram: @sschildmlg
Twitter: @sschildmalang 
LINE: SSCMalang 
Email: savestreetchildmlg@gmail.com 

9. Malang youth GREENeration


Komunitas pemuda yang cinta lingkungan dan mau bergerak untuk mewujudkan bumi lebih baik. MyG ini bukan hanya forum curhat maya tapi beraksi sebagai ENVIRONMENTAL STEWARDSHIP. Malang youth Greeneration (MyG) bersama beberapa komunitas hijau di Kota Malang turut mendukung Gerakan bebas Sampah yang diinisiasi oleh Indonesia Bebas Sampah 2020.

Official line : MyG_Update 
Email : myg.update@gmail.com web: malangyouthgreeneration.blogspot.com
IG & Twitter: @MyG_update
Facebook      : Malang youth Greeneration

10. Ayopeduli Malang

Ayo Peduli Malang yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan ada karena sekumpulan anak-anak muda yang tidak tinggal diam dalam hal Indonesia yang masih kurang dalam mendapatkan informasi bantuan dana sosial dan masih seringnya mendapatkan informasi bantuan sosial atau donasi yang tidak jelas. Ayo Peduli Malang didirikan sebagai komunitas yang bernaung di bawah ayopeduli.com sejak 1 Desember 2013. Komunitas ini memiliki visi: “Memberikan solusi sebagai Social Collaboration media dalam penggalangan dana sosial secara kredible dan transparan”. Misi mereka adalah Collect, Open, Distribute.

Twitter        : @AyopeduliMLG
Website      : www.ayopeduli.com/
Email         : Malang@ayopeduli.com
Instagram: @ayopedulimlg

Gimana? Kamu tertarik untuk mengikuti salah satu komunitas diatas? Jangan sungkan sungkan untuk menghubungi mereka buat menambah softskill kamu.

KAmu punya komunitas di malang lainnya yang gak kalah seru? yuk bisa share disini biar semua pada tau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Asisten Praktikum di Kampus

Sertifikat Asisten  Ada banyak sebutan di berbagai fakultas, Asisten Lab (Aslab)/ Asisten Dosen (Asdos) / Asisten Parktikum (Asprak) yang intinya bertugas untuk membantu dosen saat mengajar mata kuliah ber-praktikum.  Pendaftaran asisten praktikum Desain dan Pemrograman Web di FILKOM UB dibuka setiap semester genap. Untuk mendaftar asisten banyak kriteria dan seleksi yang harus ditempuh. Diantaranya adalah mahasiswa aktif FILKOM UB, pernah menempuh mata kuliah yang dipilih dengan nilai minimal B. Tentu para asisten adalah orang-orang pilihan sesuai kriteria kampus. Aku pertama kali mendaftar asisten saat masuk semester 6 tahun ajaran 2015/2016. Motivasi utama saya mendaftar waktu itu adalah ingin melawan kelemahan saya, karena saya tergolong orang introvert, terkadang sulit sekali bagi saya untuk berbicara di depan umum, kadang merasa gugup atau istilah kerennya nervous ketika harus berbicara di depan banyak orang. Niatku yang paling utama adalah melatih komunikasi ver

Terima kasih IFL Malang

Foto Departemen DEKSI 2016/2017 Maret 2015, waktu itu adalah kali pertamaku bertemu dengan sebuah keluarga baru di Malang. Ya, mereka adalah Indonesia Future Leaders (IFL) Chapter Malang. Sebelumnya saya tidak mengenal mereka. Semua berawal dari niat, ketertarikan dan rasa penasaran, akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar sendiri, mengikuti screening, dan akhirnya diterima menjadi bagian dari mereka. Wakti itu aku mendaftar di posisi Staff Visual Image, karena sesuai dengan passion saya yang hobby desain.  Departemen DEKSI 2015/2016 Departemen DEKSI 2015/2016 Salah satu moment yang paling berkesan di term pertama ini adalah ketika saya bergabung di kepanitiaan Malang Leader Summit 2015 sebagai Kadiv PDD. Disini saya belajar banyak tentang bagaimana menghargai pendapat orang lain, belajar manajemen waktu, disiplin, dan disini pula saya membuktikan bahwa jika kita yakin, maka tidak ada yang tak mungkin. tidak ada usaha yang sia-sia. Banyak yang meragukan progr

Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru

Inilah Gambar Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru 2019 yang telah diperbaharui karena adanya penambahan beberapa Gedung Baru di Universitas Brawijaya, seperti poliklinik UB dan FKG. Selain itu juga terdapat perubahan nama Gedung Student Center yang kini telah berubah nama menjadi Gedung Kebudayaan Mahasiswa. Semoga peta UB berikut ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan. Klik Gambar untuk memperbesar, atau Klik kanan dan open image in new tab. Peta Universitas Brawijaya (UB) Malang PETA UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UB)  -KITA SATU BRAWIJAYA-