Langsung ke konten utama

Saraba, Minuman Sehat dari si Pemanis Sehat


Gula aren atau bahasa kerennya palm sugar sebagai salah satu jenis pemanis buatan asli Indonesia tentu sudah tidak asing lagi bagi kita.  Bahan bakunya berasal dari pohon aren (pohon enau) yang kemudian diolah sedemikian rupa sehingga terciptalah sebuah pemanis sehat  sejuta manfaat bernama Palm Sugar atau Gula Aren.

Pohon Aren, Pohon Enau, Pohon Ijuk
Pohon Aren (ini bukan saya loh)
Berbicara soal Palm Sugar, Saya teringat dengan minuman tradiosional di kampung saya (Toraja) yang disebut “tuak”, minuman tersebut didapatkan langsung  dari air yg dihasilkan oleh pohon aren dimana disana banyak ditemukan pohon ini dengan nama pohon ijuk. Minuman tuak banyak ditemui di acara pesta orang mati (Rambu Solo’) sebagai teman nongkrong terutama bagi kaum pria.

Sewaktu kecil saya juga sering disuguhkan sebuah minuman oleh Ibu dirumah bernama “Saraba”. Saraba sebenarnya adalah minuman khas dari Makassar, saya pikir selama ini adalah minuman khas Toraja. Minuman ini terbuat dari jahe, telor, santan dan gula aren, nendang banget rasanya. Benar-benar menggoyangkan lidah. Hangat dan manis, bikin wajah yg manis ini jadi tambah manis. 

Rasa khas minuman ini hampir mirip dengan Bandrek atau kalo di Malang ada namanya STMJ (Susu Telor Madu Jahe). Bedanya, jahe merah dan gula aren menjadi pelengkap campuran sensasi hangat, segar dengan rasa manis khas gula aren. Dengan tambahan susu kental manis dan krimer yang dipadukan pada resep minuman hangat ini akan menimbulkan rasa yang semakin gurih.

Penggemar minuman hangat pasti bakalan suka dengan resep minuman yang satu ini. Kalau jalan-jalan ke pantai Losari yang sejuk, apalagi di malam hari saat diterpa dinginnya angin malam, maka sajian minuman hangat Saraba ini tak luput menjadi teman pencipta kehangatan.

Ditemani dengan makanan ringan khas Makassar yaitu Pisang Epe. Yakni pisang yang dibakar kemudian langsung di press menggunakan sepasang balok kayu, kemudian disajikan dengan Sugar palm cair yang telah dicampur kelapa parut, dan biasanya diberi aroma nangka dan durian. Sambil menikmati angin pantai, Pisang Epe dan segelas Saraba ini menjadi sensasi tersendiri untuk menikmati udara malam di Kota Makassar, sembari menyegarkan tubuh yang sudah lemas.

Pisang Epe dan segelas Saraba
Pisang Epe dan segelas Saraba

Tubuh yang letih akan menjadi lebih cepat segar karena kandungan nutrisi pada jahe. Sementara, energi diperoleh dari sukrosa pada gula aren, susu kental manis dan krimmer gurih. Buat teman-teman yang sempat bepergian ke Makassar menggunakan pesawat, minuman Saraba ini juga bisa ditemui di Toraja Executive Lounge.

Arenga Sugar Palm Indonesia
Arenga : Palm Sugar Indonesia

Anda pun dapat menikmati minuman ini tanpa perlu jauh-jauh ke Makassar. Bahannya mudah, buatnya pun gampang. Yang penting anda punya si pemanis sehat Palm sugar, yang juga bisa anda dapatkan di Arenga Palm Sugar.

Blogger Peduli pemanis sehat

Komentar

  1. Terima kasih Sobat. Salam hangat dari Serpong

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam hangat dari Malang. salam olahraga :)

      Hapus
  2. Di tempat sayanamanya gula merah, tuh.

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah turut berpartisipasi di Lomba Blog Peduli Pemanis Sehat

    artikel sudah tercatat sebagai peserta ya mas Gustian

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. betul sekali, tapi masih manis gue sih. wkakakak

      Hapus
  5. Patut dicoba apalagi musim hujan hawanya dingin produk instannya juga ada...

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Asisten Praktikum di Kampus

Sertifikat Asisten  Ada banyak sebutan di berbagai fakultas, Asisten Lab (Aslab)/ Asisten Dosen (Asdos) / Asisten Parktikum (Asprak) yang intinya bertugas untuk membantu dosen saat mengajar mata kuliah ber-praktikum.  Pendaftaran asisten praktikum Desain dan Pemrograman Web di FILKOM UB dibuka setiap semester genap. Untuk mendaftar asisten banyak kriteria dan seleksi yang harus ditempuh. Diantaranya adalah mahasiswa aktif FILKOM UB, pernah menempuh mata kuliah yang dipilih dengan nilai minimal B. Tentu para asisten adalah orang-orang pilihan sesuai kriteria kampus. Aku pertama kali mendaftar asisten saat masuk semester 6 tahun ajaran 2015/2016. Motivasi utama saya mendaftar waktu itu adalah ingin melawan kelemahan saya, karena saya tergolong orang introvert, terkadang sulit sekali bagi saya untuk berbicara di depan umum, kadang merasa gugup atau istilah kerennya nervous ketika harus berbicara di depan banyak orang. Niatku yang paling utama adalah melatih komunikasi ver

Terima kasih IFL Malang

Foto Departemen DEKSI 2016/2017 Maret 2015, waktu itu adalah kali pertamaku bertemu dengan sebuah keluarga baru di Malang. Ya, mereka adalah Indonesia Future Leaders (IFL) Chapter Malang. Sebelumnya saya tidak mengenal mereka. Semua berawal dari niat, ketertarikan dan rasa penasaran, akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar sendiri, mengikuti screening, dan akhirnya diterima menjadi bagian dari mereka. Wakti itu aku mendaftar di posisi Staff Visual Image, karena sesuai dengan passion saya yang hobby desain.  Departemen DEKSI 2015/2016 Departemen DEKSI 2015/2016 Salah satu moment yang paling berkesan di term pertama ini adalah ketika saya bergabung di kepanitiaan Malang Leader Summit 2015 sebagai Kadiv PDD. Disini saya belajar banyak tentang bagaimana menghargai pendapat orang lain, belajar manajemen waktu, disiplin, dan disini pula saya membuktikan bahwa jika kita yakin, maka tidak ada yang tak mungkin. tidak ada usaha yang sia-sia. Banyak yang meragukan progr

Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru

Inilah Gambar Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru 2019 yang telah diperbaharui karena adanya penambahan beberapa Gedung Baru di Universitas Brawijaya, seperti poliklinik UB dan FKG. Selain itu juga terdapat perubahan nama Gedung Student Center yang kini telah berubah nama menjadi Gedung Kebudayaan Mahasiswa. Semoga peta UB berikut ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan. Klik Gambar untuk memperbesar, atau Klik kanan dan open image in new tab. Peta Universitas Brawijaya (UB) Malang PETA UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UB)  -KITA SATU BRAWIJAYA-