Langsung ke konten utama

Jamban Blogger, Sebuah Komunitas Blogger



Apa itu Jamban Blogger? Kalo ditinjau dari segi politik, ekonomi, dan sisoal budaya, Jamban blogger terdiri dari dua kata, jamban yg artinya tempat buang air; kakus; tandas; paturasan; dan blogger yg artinya orang yang bergelut di dunia blog. Udah bisa kebayang kan apa itu jamban blogger? :D  *Jangan berpikiran yg lain-lain dulu sob.

Jamban Blogger (JB) itu adalah sebuah Forum Blogger Indonesia yang terbentuk sejak 10 Januari 2013. Nah, dalam rangka memeriahkan HUT yg pertama, Jamban Blogger mengadakan Lomba menulis (review) tentang Forum JB ini. Waah, hadiahnya kerend sob, buat kalian yg pengen ikutan bisa baca ketentuannya DISINI.


Forum ini terbentuk atas prakarsa seorang mahasiswa kerend dan baik hati asal Malang bernama Hena Wirasatya, (muji dulu biar dapet juara). Awalnya Saya mengenal forum ini pas blogwalking ke blog tetangga dan nemu banner Jamban Blogger. Namanya yg unik, membuat Saya jadi penasaran dan langsung aja nge-klik banner tersebut. Dalam hitungan detik tanpa loading yg lama, website Jamban blogger pun nongol di depan Saya dengan gagahnya.

Jamban Blogger - Forum Blogger Indonesia
Penampakan Jamban Blogger

Sejak Saya join di forum ini sekitar sebulan yg lalu, Saya merasakan banyak dampak positifnya bagi Blog Si Cadel. Selain bisa sharing tentang dunia blog dan dunia lainnya (yg jelas bukan dunia hitam), Traffic blog si Cadel juga meningkat karena mulai rame pengunjung, jd gak sepi lagi kayak hati ini. *ups.

Menurut Saya Jamban Blogger adalah Forum Blogger Indonesia yg paling keren, dan fasilitasnya lengkap. Disinilah tempatnya para blogger yang budiman, berjiwa luhur, berhati lapang, walaupun bermuka pas-pasan berkumpul dari sabang sampai merauke tanpa memandang suku, agama, ras, usia, gender, dan jenis rambut. Siapapun boleh ikut gabung.

Tampilan webnya yang elegan dan ringan ditambah dengan keramahan membernya membuat siapapun pasti akan betah di forum ini. Meski terlihat simple namun fasilitas yg disediakan terbilang lengkap sebagai sebuah forum.

Jamban Blogger - Forum Blogger Indonesia
Penampakan Jamban Blogger (full page)
Di bagian atas websitenya terdapat 4 tab, ada Home, Forum, Members, dan Help.
Tab Home dan Tab Forum jika di klik sebenarnya akan menampilkan laman yg sama. Di situ akan ditampilkan sub-sub forum yg telah dikelompokkan kedalam beberapa kategori. Setiap sub-forum juga telah tersedia Rule atau petunjuk jika ingin mengirim thread di sub-forum tersebut.

Berikut Saya jelasin dikit tentang sub-forum yg ada berdasarkan kategorinya :
1.            Jamban Blogger.
a.    Jamban Info : Tempat menemukan informasi dasar tentang Jamban Blogger. Salah satunya adalah Tematic Blog JB yg berfungsi buat kamu yang sering bingung cari ide buat nulis di blog. Nah, Kamu bisa liat topik yg diberikan setiap minggunya. Kalo sering ikutan #TematicBlogJB ini, juga bisa dapat penghargaan Blogger of The Month. Lumayan kan buat mendongkrak popularitas yg kian merosot. Hehe
b.   Jamban Update : Tempat berita-berita terupdate tentang Jamban Blogger. Kayak kemarin ada kegiatan Jamban Blogger Goes To Scholl, Jamban Blogger masuk TV, Jamban Blogger masuk Majalah, Jamban Blogger with Artis dll.
2.            Share
a.    Kenalan (Baru daftar, Wajib), Tempat memperkenalkan diri buat anggota yg baru biar makin akrab, kali aja ada yg nyangkut di hati.
b.   Numpang Jamban, Tempat untuk mempromosikan Link tulisan terbaru kita, atau pengen share Tips/Tutorial seputar  Blog, atau punya Info Lomba, Give Away.
c.    Artwork, Buat kamu yg jago desain atu gambar, kalo punya artwork daripada gak ada yg liat, bisa share disini biar dinikmati oleh warga JB.  Sekalian buat koleksi kritik, saran, atau pujian.
3.            The Lounge
a.    Balkon, Tempat sharing dengan materi obrolan yg bebas. Jd kalo pengen buat thread tapi takut salah kamar, mending share disini aja.
b.   Tanya-tanya, Tempat untuk bertanya seputar blog dan menulis. Ingat ya, khusus seputar Blog dan Menulis.
c.    Curhat, Forum JB juga menyediakan tempat curhat buat membernya. Curhatkan isi hati kamu disini.
d.   Review Blog, Tempat untuk saling review tampilan blog antar blogger lainnya, biar bisa tahu kekurangan blog kita dimata orang lain.
4.            Kopdar
a.    Kumpul Keblog, JB juga sering ngadaain kopdar tingkat regional. Nah, disini tempat untuk janjian buat nentuiin kapan mau kopdar.

Selanjutnya di tab Member, kita bisa melihat siapa aja yg udah daftar jadi member. Nama-nama anggota akan diurutkan berdasarkan alphabet. 

Dan yang tak kalah kerendnya adalah adanya fitur-fitur yg menarik untuk dapat berinteraksi dengan sesama member. Seperti Profile Page, jd yg hobby stalking, kamu bisa stalking ke akun member yg lain, Bisa saling Follow, Fasilitas Chatting juga ada. Modus pun tak terhindarkan. Hahaha.

Jamban Blogger - Forum Blogger Indonesia
Salah satu fitur kerend di Jamban Blogger
Diantara kelebihan yg telah saya sebutkan diatas, mungkin yg menjadi kelemahan adalah tidak tersedianya fitur Delete. Jadi kamu harus berhati-hati sebelum menulis sebuah thread, tapi tenangg aja, masih ada kok fasilitas Edit. Mungkin juga mas Hena gak menyediakan fitur Delete untuk mengajak kita lebih cermat dan teliti sebelum berbuat sesuatu. 

FYI aja nih, kalo JB juga punya buku loh. sumpah, serius ini.. judulnya : Galau Unrequited Love @JambanBlogger. nih penampakan bukunya :

Galau Unrequited Love @JambanBlogger
Kerend bgt, apalagi penulis buku ini adalah para anggota jamban blogger yang telah diseleksi oleh editor beberapa bulan yg lalu. Sebentar lagi #BookJB yang ditulis bareng anggota Jamban Blogger ini akan segera terbit. Moga masuk best seller ya.. :)

Sekian review Saya tentang Forum Jamban Blogger. Oiya hampir lupa. Mungkin ada yg bertanya kenapa namanya Jamban Blogger? Menurut CEO-nya, kalo tulisan itu ibarat sebuah makanan, seenak apapun makanannya pasti ngumpulnya di Jamban. Jadi, apapun bentuk tulisan kamu pasti bakalan ngumpul jadi satu di Jamban Blogger.

Tertarik untuk join Jamban Blogger? caranya mudah. Gak perlu ribet-ribet nyiapin foto 3x4, surat keterangan RW, atau foto copy KTP. Gak seribet mendaftar jadi member JKT48 sob. Benar!, sungguh ini. Loe cukup buka website http://jambanblogger.com/ lalu sign up, isi data-data yg diminta, trus tunggu email konfirmasi dari adminnya. gampang kan?.

Setalah jadi member, jangan lupa untuk memfollow akun twitternya (@jambanBlogger). Kamu juga bisa promo blog via twitter @jambanblogger dengan format yg telah ditentukan. Kalo formatnya udah benar, pasti deh di Retweet sama si miminnya karena dia baik hati.

Sebagai penutup, Saya mau ngucapin Selamat Ulang Tahun buat Jamban Blogger
HUT Jamban Blogger

Harapan Saya semoga Jamban Blogger tetap eksis, fasilitasnya makin lengkap dan meyenangkan, membernya bertambah banyak dan dikenal sejagad sebagai Forum Blogger Indonesia. Buat mban2 semoga tetap solid sebagai partner di dunia blogging. Saling men-support, belajar bersama, memperbaiki kekurangan, dan bertumbuh bersama menjadi blogger yg kreatif dan inovatif.

Komentar

  1. review-nya keren. lengkap dan detil banget, gitu. jadi minder mau ikutan~ JB emang keren. bermanfaat buat blogger miskin pengunjung kayak gue. Hahahaha :D
    semoga menang, ya!

    Nice Post! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhh makasih mban.. kamu ikut juga dong biar seru ;}

      Hapus
  2. Wahaha keren..keren. Kalo gue dulu masuk JB karena di follow sama twitternya @JambanBlogger. Gue diemin berbulan-bulan sampe akhirnya adminnya minta polbek, gue polbek deh #ehh Gak deng! Hahaha xD

    Gutlakkk.. Semoga menang :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya saya tidak percaya, tapi setelah diuji di ITB dan IPB saya jd tambah gak percaya :p

      makasih erick ;}

      Hapus
  3. Bener banget uniknya JB nih yang bikin tertarik. Udah kalo bikin logo ada filosofinya. Bikin slogan aja ada filosofinya. Super super keren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kreatif banget ya mas hena. jd makin kerend semenjak aku dan kamu bergabung, hahaha

      Hapus
  4. aminnnn...
    follback donk sob biar bertambh banyak membernya :)
    salam kenal

    BalasHapus
  5. Keren reviewnya. Semoga JB makin besar :D

    BalasHapus
  6. wah keren nih, sukses deh ya buat lombanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiyyah, punya kmu jg keren mban.. moga JB makin kerend semenjak ada kita, hahaha

      Hapus
  7. Salam kenal JB, baru pertama kali mampir nih, blognya keren om..


    http://cra-vid.blogspot.com/2011/06/kawin-silang.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal jg mas hari ;}
      kok dipanggil om -_-

      Hapus
  8. salam kenal.. suka baca reviewnya, lengkap n kerend banget.

    BalasHapus
  9. Nice review. kebetulan aku blm kenalan sama forum ini :)

    BalasHapus
  10. Ehmmm
    Keren review-nya mas.
    Saya juga sudah lama tahu komunitas ini.
    Oya, selamat ulang tahu untuk Jamban Blogger. :)

    Salam..

    BalasHapus
  11. Seru juga nih kayanya kalau gabung, tapi gw krg eksis sih :p hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp. gak harus eksis jg kok di jamban blogger, ntar jambannya **** :D

      Hapus
  12. Wuih keren keren :)) semoga berhasil dan tetep solid!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, review kamu jg kerend mban.. oyi keep solid :)

      Hapus
  13. Lumayan lengkap nh. Yang pentng tetep solid yak!
    Hampir semua ikutan bikin ginian kayaknya. Hoho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, udah banyak yg ikutan.. sipp mban. dan rajin2 blogwalking :)

      Hapus
  14. Wuih keren nih reviewnya... keep solid juga ya mban.. :)

    BalasHapus
  15. kunjungan perdana mas..
    salam kenal dan sukses selalu mas..
    follback ya. zon-go.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga. terima kasih sudah berkunjung #followed

      Hapus
  16. Lengkap juga nih. Semoga sukses hhe

    BalasHapus
  17. widih, ulang tahun ya JB ^^

    Baru sadar kalau blognya udah PR 1, mantep :)

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. nah, jambannya hadir nih.. amin amin amin.. :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Asisten Praktikum di Kampus

Sertifikat Asisten  Ada banyak sebutan di berbagai fakultas, Asisten Lab (Aslab)/ Asisten Dosen (Asdos) / Asisten Parktikum (Asprak) yang intinya bertugas untuk membantu dosen saat mengajar mata kuliah ber-praktikum.  Pendaftaran asisten praktikum Desain dan Pemrograman Web di FILKOM UB dibuka setiap semester genap. Untuk mendaftar asisten banyak kriteria dan seleksi yang harus ditempuh. Diantaranya adalah mahasiswa aktif FILKOM UB, pernah menempuh mata kuliah yang dipilih dengan nilai minimal B. Tentu para asisten adalah orang-orang pilihan sesuai kriteria kampus. Aku pertama kali mendaftar asisten saat masuk semester 6 tahun ajaran 2015/2016. Motivasi utama saya mendaftar waktu itu adalah ingin melawan kelemahan saya, karena saya tergolong orang introvert, terkadang sulit sekali bagi saya untuk berbicara di depan umum, kadang merasa gugup atau istilah kerennya nervous ketika harus berbicara di depan banyak orang. Niatku yang paling utama adalah melatih komunikasi ver

Terima kasih IFL Malang

Foto Departemen DEKSI 2016/2017 Maret 2015, waktu itu adalah kali pertamaku bertemu dengan sebuah keluarga baru di Malang. Ya, mereka adalah Indonesia Future Leaders (IFL) Chapter Malang. Sebelumnya saya tidak mengenal mereka. Semua berawal dari niat, ketertarikan dan rasa penasaran, akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar sendiri, mengikuti screening, dan akhirnya diterima menjadi bagian dari mereka. Wakti itu aku mendaftar di posisi Staff Visual Image, karena sesuai dengan passion saya yang hobby desain.  Departemen DEKSI 2015/2016 Departemen DEKSI 2015/2016 Salah satu moment yang paling berkesan di term pertama ini adalah ketika saya bergabung di kepanitiaan Malang Leader Summit 2015 sebagai Kadiv PDD. Disini saya belajar banyak tentang bagaimana menghargai pendapat orang lain, belajar manajemen waktu, disiplin, dan disini pula saya membuktikan bahwa jika kita yakin, maka tidak ada yang tak mungkin. tidak ada usaha yang sia-sia. Banyak yang meragukan progr

Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru

Inilah Gambar Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru 2019 yang telah diperbaharui karena adanya penambahan beberapa Gedung Baru di Universitas Brawijaya, seperti poliklinik UB dan FKG. Selain itu juga terdapat perubahan nama Gedung Student Center yang kini telah berubah nama menjadi Gedung Kebudayaan Mahasiswa. Semoga peta UB berikut ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan. Klik Gambar untuk memperbesar, atau Klik kanan dan open image in new tab. Peta Universitas Brawijaya (UB) Malang PETA UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UB)  -KITA SATU BRAWIJAYA-