Langsung ke konten utama

Panduan Membuat Email dan Blog UB [update 2015]


Beberapa waktu yang lalu, banyak yg bertanya ke saya tentang bagaimana cara membuat blog UB. Nah, bagi teman-teman yang masih bingung bagaimana cara membuat blog UB, kali ini saya mau berbagi panduan membuat email dan blog UB, semoga bermanfaat.

Simple sih caranya. Sebagai mahasiswa UB, pastinya kalian sudah memiliki NIM dan password SIAM kan?, nahh itu modal utama untuk menikamati fasilitas-fasilitas di UB, seperti login untuk menikmati wifi UB, dan termasuk untuk membuat blog dan email UB. 

Pertama, kalian harus mempunya email UB dulu, caranya sebagai berikut :


2. Perhatikan pada sisi kanan, dibawah tulisan App Login,  Klik “Student”.

3. Isi NIM dan password sesuai dengan NIM dan password di SIAM anda, lalu Klik “Login”

4. Sekarang Email UB anda sudah jadi. Dengan nama : NIM@mail.ub.ac.id 
contoh pada gambar diatas, email UB saya adalah : 135150201111060@mail.ub.ac.id 


Nah, anda sudah berhasil membuat Email UB. Biarkan tab https://gapura.ub.ac.id/index tetap terbuka.
selanjutnya kita akan membuat Blog UB di tab baru, caranya sebagai berikut : 

1. Pada Tab baru, buka web http://blog.ub.ac.id/

2. Perhatikan pada sisi kanan jendela browser anda, Klik tulisan “create an account”


3. Isi semua data-data yang diminta, seperti pada gambar contoh diatas. 
Keterangan : 
  • Isi Username dengan nama pendek Anda yg mudah kamu ingat (jangan sampai lupa, karena akan digunakan untuk login ke Blog UB anda)
  • Isi Email address dengan email UB anda yg telah dibuat tadi, contoh : 135150201111060@mail.ub.ac.id
  • Isi Password sesuai password di SIAM anda.
  • Dibawah tulisan "Blog details" beri centang di kotak "Yes, I’d like to create a new site"
  • Isi Blog URL dengan url (alamat blog) yang anda inginkan. misal gustiangr8, maka nantinya alamat blog UB anda adalah https://blog.ub.ac.id/gustiangr8
  • Isi CAPTCHA kode, sesuai kode berupa angka atau huruf yang muncul diatasnya.
  • Pada "Profile Details" isi sesuai data anda, seperti Name, Jenis Kelamin, NIM, Afiliasi, dan Tentang saya. 
  • Setelah semuanya terisi dengan benar. Langkah terakhir, klik tombol “Complete Sign Up”

Yeey, Sekarang Blog UB anda sudah dibuat. Selanjutnya lakukan aktivasi. Caranya, buka email UB anda. Atau jika tadi anda belum menutup tab https://gapura.ub.ac.id/index, Setelah Login, anda bisa mengklik logo "Gmail" seperti gambar berikut : 

Nah, pada Inbox email UB kamu akan ada pesan masuk dari "Admin Blog Mahasiswa". 

Klik Link tersebut untuk aktivasi blog anda.

Lalu.. selesai deh ! :). Kini anda sudah punya blog UB.

Untuk memulai ngeblog, buka http://blog.ub.ac.id/ lalu Log In dengan memasukkan username dan password anda sesuai dengan username dan password yang kamu isikan pada langkah ke-2 diatas tadi. 


Setelah Log In. Akan muncul tampilan dashboard Blog UB anda. Disini anda bisa memilih tema/template blog anda. Untuk membuat postingan, klik menu New , lalu pilih Post. seperti gambar berikut:


Oke, Sekian Tutorial dari saya tentang Cara Membuat Blog dan Email UB. Semoga bermanfaat. 

Simak baik-baik ya langkah demi langkah diatas, saya rasa sudah cukup detail sekali. Namun, Jika ada pertanyaan bisa tinggalkan komentar dibawah atau hubungi Kontak Saya. saya dengan senang hati akan membantu sebisa saya. Btw, contoh Blog UB saya dapat kalian lihat DISINI. 
Jika ada Masalah Teknik, silahkan hubungi PPTI UB Telp (0341) 575878 atau 551611 Pesawat 134 atau kirim e-mail ke helpdesk@ub.ac.id atau twitter @UB_IT

Komentar

  1. Balasan
    1. Kak kalau saya udah daftar blog, tapi tidak ada email yang masuk ke email saya, bagaimana?

      Hapus
    2. tunggu aja, siapa tau webnya lg ada masalah, makanya email konfirmasinya lambat masuk..
      atau kalo udah lama dan gak muncul2 juga, kalo gak salah ada pilihan untuk kirim ulang email konfirmasi..

      Hapus
  2. kalo mau posting di blog ub caranya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pojok kiri atas ada tulisan "My Sites" . arahkan kursor kesitu lalu muncul nama blog kamu, selanjutnya pilih New Post

      Hapus
    2. mas tadi saya melewati langkah "YES, I’d like to create a new site" nah itu gmn? g ada setting ulangnya di student blognya ya?

      Hapus
  3. kalo ad tulisan email tidak valid itu gmn kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ditanyakan ke PPTI UB Telp (0341) 575878 atau 551611 Pesawat 134 atau kirim e-mail ke helpdesk@ub.ac.id. atau via twitter @UB_IT

      Hapus
  4. ada tulisan email tidak valid mas
    gimana ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ditanyakan ke PPTI UB Telp (0341) 575878 atau 551611 Pesawat 134 atau kirim e-mail ke helpdesk@ub.ac.id. atau via twitter @UB_IT

      Hapus
  5. Arigatou Sangat Membantu Post Anda!! Jangan Lupa Ya Kunjungi Balik Blog Saya
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. kok gabisa login di https://gapura.ub.ac.id ya ka? gagal terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan NIM dan password yg anda masukkan benar, sesuai yg anda gunakan di SIAM anda.

      Hapus
  7. mas, cara activate keys nya itu gimana dan dimana?

    BalasHapus
  8. Kak kalau mau komentar di blog dosen gimana caranya?. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal isi aja kolom komentar dibagian bawah postingan yg ingin dikomentari. Jika tidak ada, berarti dosennya tidak mengaktifkan fitur buat berkomentar.

      Hapus
  9. thanks a lot for the info,, very useful and add insight

    http://goo.gl/3SVkOQ

    BalasHapus
  10. nice panduannya..

    mampir juga ya di infostore.co.id, situs yang menyediakan fasilitas iklan produk gratis.

    BalasHapus
  11. Terimakasih :)
    http://goo.gl/I2W6zK

    BalasHapus
  12. kak boleh pke gmail aja, ngak usah pake email ub ngak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. diwajibkan pake email ub untuk membuat bog ub

      Hapus
  13. habis ngisi data, trus pas masuk gapura trus klik gmail kok "Invalid Error"?

    BalasHapus
  14. kak, kok ga bisa buka mail ub nya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masalah ini bisa ditanyakan ke Helpdesk TIK UB, via email : helpdesk@ub.ac.id

      Hapus
  15. kak kalau ada tulisan ini , apa berarti kata gak bisa buat blog ub ya kak
    That site is currently reserved but may be available in a couple days.
    tolong bantu saya kak

    BalasHapus
  16. kak kalau ada tulisannya email tidak valid gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ditanyakan ke PPTI UB Telp (0341) 575878 atau 551611 Pesawat 134 atau kirim e-mail ke helpdesk@ub.ac.id. atau via twitter @UB_IT

      FYI, kalau tulisannya invalid pas buka gmail, tunggu 1x24 jam dulu, berarti kalian tandanya baru log in di gapuraUB
      #bantu jawab

      *info dari PPTI UB*

      Hapus
  17. Artikel yang sangat berguna isinya. Terima Kasih Info Freebet Terbaru

    BalasHapus
  18. Kalo email tidak valid emng harus lapor apa ditunggu aja kak?

    BalasHapus
  19. kak saya udah bisa sampai tahap membuat blog ub nya tapi pas mau nge klik yang gmail itu gak bisa . malah invalid email . kenapa ya ?

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. min bagai mana kalau kita lupa password email ub sehingga tak dapat aktivasi

    BalasHapus
  23. Thank you informasinya min. kalau ada waktu berkunjung ya di situs saya :) Berita Melintas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Asisten Praktikum di Kampus

Sertifikat Asisten  Ada banyak sebutan di berbagai fakultas, Asisten Lab (Aslab)/ Asisten Dosen (Asdos) / Asisten Parktikum (Asprak) yang intinya bertugas untuk membantu dosen saat mengajar mata kuliah ber-praktikum.  Pendaftaran asisten praktikum Desain dan Pemrograman Web di FILKOM UB dibuka setiap semester genap. Untuk mendaftar asisten banyak kriteria dan seleksi yang harus ditempuh. Diantaranya adalah mahasiswa aktif FILKOM UB, pernah menempuh mata kuliah yang dipilih dengan nilai minimal B. Tentu para asisten adalah orang-orang pilihan sesuai kriteria kampus. Aku pertama kali mendaftar asisten saat masuk semester 6 tahun ajaran 2015/2016. Motivasi utama saya mendaftar waktu itu adalah ingin melawan kelemahan saya, karena saya tergolong orang introvert, terkadang sulit sekali bagi saya untuk berbicara di depan umum, kadang merasa gugup atau istilah kerennya nervous ketika harus berbicara di depan banyak orang. Niatku yang paling utama adalah melatih komunikasi ver

Terima kasih IFL Malang

Foto Departemen DEKSI 2016/2017 Maret 2015, waktu itu adalah kali pertamaku bertemu dengan sebuah keluarga baru di Malang. Ya, mereka adalah Indonesia Future Leaders (IFL) Chapter Malang. Sebelumnya saya tidak mengenal mereka. Semua berawal dari niat, ketertarikan dan rasa penasaran, akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar sendiri, mengikuti screening, dan akhirnya diterima menjadi bagian dari mereka. Wakti itu aku mendaftar di posisi Staff Visual Image, karena sesuai dengan passion saya yang hobby desain.  Departemen DEKSI 2015/2016 Departemen DEKSI 2015/2016 Salah satu moment yang paling berkesan di term pertama ini adalah ketika saya bergabung di kepanitiaan Malang Leader Summit 2015 sebagai Kadiv PDD. Disini saya belajar banyak tentang bagaimana menghargai pendapat orang lain, belajar manajemen waktu, disiplin, dan disini pula saya membuktikan bahwa jika kita yakin, maka tidak ada yang tak mungkin. tidak ada usaha yang sia-sia. Banyak yang meragukan progr

Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru

Inilah Gambar Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru 2019 yang telah diperbaharui karena adanya penambahan beberapa Gedung Baru di Universitas Brawijaya, seperti poliklinik UB dan FKG. Selain itu juga terdapat perubahan nama Gedung Student Center yang kini telah berubah nama menjadi Gedung Kebudayaan Mahasiswa. Semoga peta UB berikut ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan. Klik Gambar untuk memperbesar, atau Klik kanan dan open image in new tab. Peta Universitas Brawijaya (UB) Malang PETA UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UB)  -KITA SATU BRAWIJAYA-