Langsung ke konten utama

Tugas Ospek Maba UB 2015 (Raja Brawijaya Prabu 53)

Sekilas Tentang Raja Brawijaya 
Ospek di Universitas Brawijaya (UB) dikenal dengan istilah RAJA BRAWIJAYA (Rangkaian Acara Jelajah Almamater BRAWIJAYA) merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa baru Universitas Brawijaya. RAJA BRAWIJAYA mengantarkan mahasiswa baru untuk mengetahui hal-hal terkait dengan kehidupan kampus, termasuk di dalamnya Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Universitas (PK2MU), pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa dalam Open House UKM (OHU), Pembinaan Budi Perkerti, hingga pada kegiatan Sekolah Kebangsaan Brawijaya (SKB).

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Universitas (PK2MU) merupakan bagian dari program Universitas Brawijaya dan Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya yang diamanahkan secara berkelanjutan kepada Panitia RAJA BRAWIJAYA, dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Universitas Brawijaya. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa baru kemudian memeiliki kesiapan psikologis maupun sosial untuk dapat beradaptasi secara tepat dan cepat melalui proses interaksi dan belajar mengajar di perguruan tinggi. Para mahasiswa baru dapat mengetahui sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar di perguruan tinggi. Selain itu mereka harus memahami tatacara aksiologi melalui proses mekanistik maupun hubungan sosial dengan mahasiswa dan senior untuk menemukan serta membawakan pribadi sebagai modal intelektual dalam bermasyarakat di kemudian hari.

PK2MU merupakan sebuah kegiatan awal dalam rangka memudahkan adaptasi mahasiswa baru terhadap dunia perkuliahan. Selain memudahkan proses adaptasi mahasiswa baru, kegiatan ini juga sebagai upaya pembentukan rasa kebanggaan mahasiswa akan almamater Universitas Brawijaya. Selanjutnya dengan adanya PK2MU diharapkan akan terbentuk mahasiswa yang dapat mengembangkan nilai – nilai Religius, Kritis, Berbudaya, Berintegrasi, dan mampu Bergerak dan Bersatu untuk Brawijaya.

RAJA BRAWIJAYA 2015
PRABU 53
Logo Raja Brawijaya 2015
TUGAS OSPEK MABA UB 2015

Tugas Online: 
  1. Tugas Online 1 : VISI-MISI
  2. Tugas Online 2 : FILOSOFI LOGO DAN LAMBANG UB
  3. Tugas Online 3 : PETA UB
  4. Tugas Online 4 : ABSTRAK BUSSINES PLAN
  5. Tugas Online 5 : Buatlah Essay dengan judul “Aku, Brawijayaku untuk Indonesia dan Dunia”. Esay ini berisi tulisan asli kamu yang menggambarkan potensi diri, impian dan target yang ingin di raih di bangku kuliah dan kontribusi untuk indonesia.
  6. Tugas Online 6 :Buatlah Essay beserta langkah konkrit anda terkait dengan empat (4) peran mahasiswa (Calon Pemimpin Bangsa, Kepedulian Sosial, Kekuatan Moral, Agen Perubahan)!
  7. Tugas Online 7 :Tuliskan Seseorang yang menginspirasi hidup anda beserta penjelasan, dan alasannya. setelah itu cetak kisah inspiratif anda dan tempelkan foto anda bersama orang yang menginspirasi anda tersebut.(selain keluarga)

Tugas Offline : 
  1. Ketentuan Hand Book Peserta Pengenalan Kehidupan Kampus
  2. Menggunakan Kertas buffalo warna biru sebagai sampul.
  3. Menempelkan Foto formal berwarna berukuran (4 X 6 cm) pada bagian kiri dalam sampul
  4. Menuliskan poin-poin berikut pada bagian kanan dalam sampul buku dengan pulpen tinta hitam: Nama, Fakultas/Jurusan, Nomor Cluster
  5. Mencetak dan menempelkan Logo RAJA BRAWIJAYA pada bagian depan sampul buku dan di pojok atas tugas Essay.
  6. HVS berwarna Kuning berukuran A5 (HVS di potong menjadi dua bagian) sebanyak 16 halaman. Kemudian tuliskan lagu-lagu dengan urutan sebagai berikut: Halaman Pertama : Mars UB, Halam Kedua : Hymne UB


TUGAS ESSAY

  1. Essay ditulis tangan pada 1 lembar kertas folio bergaris (2 halaman) dengan pulpen berwarna biru. Ketentuan penulisan adalah essay ditulis berdasarkan urutan sebagai berikut.
  2. Halaman pertama :Tuliskan Nama; NIM; Fakultas/Jurusan; No.HP; dan Nomor Cluster pada pojok kanan atas kertas.
  3. Halaman Kedua : Buatlah Essay dalam Bahasa inggris dengan judul “ Indonesian Social Culture for AEC (Acean Economic Community) 2015”

Pakaian dan atribut :
Mahasiswa Baru (MABA) Laki-laki :
  1. Memakai kemeja putih lengan panjang (rapi, tidak ketat, dan tidak transparan).
  2. Memakai celana panjang kain warna hitam (rapi, tidak ketat, tidak transparan, tidak bermotif, bukan cutbray atau skinny).
  3. Memakai dasi berwarna hitam polos.
    Memakai ikat pinggang berwarna hitam polos dengan mata gesper tidak mencolok.
  4. Memakai sepatu pantofel warna hitam, berkaos kaki putih 10 cm di atas mata kaki.
  5. Memakai tas ransel berwarna hitam.
  6. Memasang gantungan kunci (terlampir) pada tas ransel.
  7. Memakai Nametag (terlampir) dan Kartu Kendali Kesehatan (terlampir) selama kegiatan PK2MU berlangsung.
  8. Kerapian :
    Rambut tidak boleh dicat/ diwarnai.
    Rambut rapi dengan ukuran MAKSIMAL 2 cm bagian depan, 1 cm samping kanan/ kiri, 1 cm bagian belakang.
Mahasiswa Baru (MABA) Perempuan :
  1. Memakai kemeja putih lengan panjang (rapi, tidak ketat, dan tidak transparan).
  2. Memakai rok panjang kain warna hitam model wiru/ rample (rapi, tidak ketat, tidak transparan, tidak bermotif, tanpa belahan).
  3. Memakai dasi berwarna hitam polos.
  4. Memakai ikat pinggang berwarna hitam polos dengan mata gesper tidak mencolok.
  5. Memakai sepatu pantofel tanpa hak warna hitam, berkaos kaki putih 10 cm di atas mata kaki.
  6. Memakai tas ransel berwarna hitam.
  7. Memasang gantungan kunci (terlampir) pada tas ransel.
  8. Memakai Nametag (terlampir) dan Kartu Kendali Kesehatan (terlampir) selama kegiatan PK2MU berlangsung.
  9. Kerapian :
    Rambut tidak boleh dicat/ diwarnai.
    Bagi yang tidak berkerudung : rambut kuncir 1 tanpa poni, dengan kuncir berwarna hitam.
    Bagi yang berkerudung : memakai kerudung warna putih segiempat simetris (tidak transparan, tidak bermotif, tidak berenda, tanpa aksesoris tambahan kecuali peniti ataupun jarum pentul).
    Bagi perempuan yang berhalangan : memakai pita warna merah dan disematkan dengan peniti pada bagian kiri lengan (tidak berkerudung), dan pada bagian dada kiri (berkerudung).
    Tidak memakai perhiasan apapun.
Barang bawaan semua peserta
  1. Essay ditulis tangan pada 1 lembar kertas folio (2 halaman) dengan pulpen berwarna hitam. Ketentuan penulisan adalah essay ditulis berdasarkan urutan sebagai berikut.
  2. Membawa nametag dan kartu kendali kesehatan sesuai ketentuan, kartu kendali kesehatan di taruh di belakang nametag.
  3. Membawa gantungan kunci sesuai ketentuan.
  4. Membawa kertas buffalo warna di tempel bolak balik ukuran A3 (sesuai cluster).
    Cluster 1-3 : Putih – Biru
    Cluster 4-6 : Merah – Biru
    Cluster 7-18 : Kuning – Biru
    Cluster 19-21 : Putih – Biru
    Cluster 22-24 : Merah – Biru
  5. Membawa air mineral ukuran 600 ml.
  6. Membawa air mentah ukuran 1,5 Liter (khusus muslim).
  7. Membawa 2 bungkus roti sisir.
  8. Membawa 1 susu kotak 250 ml.
  9. Membawa sandal jepit dominan warna biru (laki-laki), dan dominan warna kuning (perempuan).
  10. Membawa 1 kantong kresek besar warna hitam.
  11. Membawa 3 lembar koran.
  12. Membawa perlengkapan ibadah.
  13. Membawa alat tulis :
    Buku catatan (terlampir)
    Pulpen warna biru.
  14. Membawa obat-obatan pribadi.

#KitaSatuBrawijaya 
#BanggaBrawijaya

---------------------------------
 Twitter : 
@halomaba_UB
Instagram : 
@mabaub2016
Line : 
@hsn3894k
---------------------------------

Komentar

  1. semoga adek2 mahasiswa baru bisa membaca pesan ini ^.^

    BalasHapus
  2. Kak untuk buku catatanya ketentuanya gimana ya ?

    BalasHapus
  3. kk lihat contoh mainan kunci sama name tag gmna ya??

    BalasHapus
  4. walah jadi inget waktu maba dulu nih gan, hampir sama tugasnya cuman kalau saya tambahin satu gan disuruh beliin harddisk external buat ngumpulin tugas, padahal flasdisk 2Gb aja kan dah cukup

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman dan Suka Duka Menjadi Asisten Praktikum di Kampus

Sertifikat Asisten  Ada banyak sebutan di berbagai fakultas, Asisten Lab (Aslab)/ Asisten Dosen (Asdos) / Asisten Parktikum (Asprak) yang intinya bertugas untuk membantu dosen saat mengajar mata kuliah ber-praktikum.  Pendaftaran asisten praktikum Desain dan Pemrograman Web di FILKOM UB dibuka setiap semester genap. Untuk mendaftar asisten banyak kriteria dan seleksi yang harus ditempuh. Diantaranya adalah mahasiswa aktif FILKOM UB, pernah menempuh mata kuliah yang dipilih dengan nilai minimal B. Tentu para asisten adalah orang-orang pilihan sesuai kriteria kampus. Aku pertama kali mendaftar asisten saat masuk semester 6 tahun ajaran 2015/2016. Motivasi utama saya mendaftar waktu itu adalah ingin melawan kelemahan saya, karena saya tergolong orang introvert, terkadang sulit sekali bagi saya untuk berbicara di depan umum, kadang merasa gugup atau istilah kerennya nervous ketika harus berbicara di depan banyak orang. Niatku yang paling utama adalah melatih komunikasi ver

Terima kasih IFL Malang

Foto Departemen DEKSI 2016/2017 Maret 2015, waktu itu adalah kali pertamaku bertemu dengan sebuah keluarga baru di Malang. Ya, mereka adalah Indonesia Future Leaders (IFL) Chapter Malang. Sebelumnya saya tidak mengenal mereka. Semua berawal dari niat, ketertarikan dan rasa penasaran, akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar sendiri, mengikuti screening, dan akhirnya diterima menjadi bagian dari mereka. Wakti itu aku mendaftar di posisi Staff Visual Image, karena sesuai dengan passion saya yang hobby desain.  Departemen DEKSI 2015/2016 Departemen DEKSI 2015/2016 Salah satu moment yang paling berkesan di term pertama ini adalah ketika saya bergabung di kepanitiaan Malang Leader Summit 2015 sebagai Kadiv PDD. Disini saya belajar banyak tentang bagaimana menghargai pendapat orang lain, belajar manajemen waktu, disiplin, dan disini pula saya membuktikan bahwa jika kita yakin, maka tidak ada yang tak mungkin. tidak ada usaha yang sia-sia. Banyak yang meragukan progr

Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru

Inilah Gambar Peta Universitas Brawijaya (UB) terbaru 2019 yang telah diperbaharui karena adanya penambahan beberapa Gedung Baru di Universitas Brawijaya, seperti poliklinik UB dan FKG. Selain itu juga terdapat perubahan nama Gedung Student Center yang kini telah berubah nama menjadi Gedung Kebudayaan Mahasiswa. Semoga peta UB berikut ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan. Klik Gambar untuk memperbesar, atau Klik kanan dan open image in new tab. Peta Universitas Brawijaya (UB) Malang PETA UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UB)  -KITA SATU BRAWIJAYA-